Jakarta, Aktual.co — Presiden Jokowi akhirnya menunjuk Sudirman Said sebagai Menteri ESDM di tengah kritikan yang dilakukan berbagai media. Nama Sudirman Said sebelumnya tidak santer terdengar dalam bursa Menteri ESDM, namun berkat sepak terjangnya di bidang anti korupsi sekaligus profesional di bidang energi dan migas selama puluhan tahun ia dipercaya Jokowi untuk melakukan reformasi di Kementerian ESDM.

“Saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. Kepercayaan publik pada Kementerian ESDM adalah sebuah hal penting yang harus terus dibangun. Saya akan wujudkan melalui pengelolaan yang profesional dan transparan,” ujar Sudirman di Jakarta Minggu (26/10).

Verifikasi KPK menunjukkan bahwa mantan Wakil Direktur Utama Petrosea ini dinilai bersih. Jokowi pun menilai bahwa Sudirman Said mampu mengemban tugas di bidang kementerian ESDM khususnya di bidang pengawasan.

“Kita sering kedodoran di bidang pengawasan,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut dikatakan jika Said sendiri terbukti mampu mengelola pengawasan dengan baik saat membangun sistem anti korupsi di Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) Aceh-Nias dengan membangun Satuan Anti Korupsi (SAK).

“ESDM harus dikelola dengan transparan dan akuntabel. Ini kunci pembangunan kementerian di era modern,” pungkasnya.

(Eka)