Jakarta, aktual.com – Sekretaris Umum BEM Universitas Cendrawasih (Uncen), Unas Ginia mengaku merasa bangga bisa menjadi bagian panitia pelaksana Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua.

Menurutnya, keterlibatan orang asli Papua dalam event nasional itu sangat penting sekali.

“Saya juga termasuk dalam panitia penyelenggara PON. Kami bangga sekali karena PON ada di Papua, ada infrastruktur yang dibangun sangat megah sesuai standar internasional. Orang Papua bisa terlibat dalam PON itu sangat penting sekali,” ungkap Unas dalam sebuah Dialog Aktual yang bertajuk ‘PON XX dan Keterlibatan Orang Papua’ pada Jumat (8/10) sore.

Meski demikian, ia mengungkapkan bahwa pemerintah daerah kurang melibatkan masyarakat Papua untuk menjadi panitia dalam penyelenggaraan PON XX tersebut.

“Tetapi, saya sangat berharap teman-teman Papua menjadi bagian dari PON ini, kami juga berharap pemerintah mampu melibatkan kami orang Papua terlibat langsung,” ucapnya.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat Papua yang masuk ke dalam struktur kepanitiaan hanya sekitar 30 persen, sementara sisanya diisi oleh orang di luar Papua.

“Keterlibatan kami orang Papua dalam struktur kepanitiaan hanya 30 persen saja sedangkan 70 persen, sisanya diisi oleh teman-teman kita di luar pulau Papua,” ungkapnya.

(Rizky Zulkarnaen/Hilmi)

(A. Hilmi)