Jakarta, Aktual.com – Pertemuan antara Manchester United menghadapi Liverpool yang kesohor sebagai Derbi Barat Laut bakal menjadi sajian utama di antara jadwal pertandingan Liga Inggris pekan kesembilan yang mulai bergulir Sabtu dini hari nanti.

MU bakal bertindak sebagai tuan rumah dalam edisi pertama Derbi Barat Laut musim ini dengan menjamu Liverpool di Old Trafford pada Minggu (24/10).

Ole Gunnar Solskjaer tengah disorot karena hasil buruk dalam beberapa pertandingan terakhir dan tentunya ia tak ingin mengalami kekalahan 2-4 yang diderita dalam pertemuan terakhir kontra Liverpool musim lalu.

Sebab, bukan tidak mungkin hasil Derbi Barat Laut bakal mempengaruhi keamanan pekerjaan Solskjaer, mengingat Jose Mourinho juga pernah dipecat oleh MU sekira 48 jam setelah kalah melawan Liverpool pada Desember 2018.

MU memasuki Derbi Barat Laut kali ini dengan catatan tiga laga nirmenang di Liga Inggris, tetapi mereka mendapat sedikit suntikan kepercayaan diri setelah sukses bangkit dari ketertinggalan 0-2 dan mengalahkan Atalanta 3-2 di Liga Champions.

Sebaliknya, Liverpool merupakan tim dengan rekam jejak nirkalah aktif terpanjang yang ada di Liga Inggris lewat 18 pertandingan beruntun sejak musim lalu dan juga membawa bekal kemenangan 3-2 yang susah payah mereka raih di Atletico Madrid.

Adu cepat pemulihan kebugaran jelas bakal mempengaruhi pertarungan taktik antara Solskjaer dan Juergen Klopp yang seharusnya menjanjikan pertandingan sengit di Old Trafford besok.

Selain Derbi Barat Laut, sembilan pertandingan lain akan mewarnai jadwal pertandingan Liga Inggris pekan ini. Berikut pratinjau singkat masing-masing pertandingan:

Arsenal vs Aston Villa

Rangkaian pekan kesembilan Liga Inggris bakal dibuka di Emirates saat Arsenal menjamu Villa pada Jumat waktu setempat (Sabtu dini hari WIB).

Setelah awal musim yang terseok-seok, Arsenal kini melewati lima pertandingan mereka tanpa satu kekalahan pun.

Tentu saja, Mikel Arteta tidak bisa bersikap terlalu santai, terlebih Arsenal selalu menelan kekalahan dalam tiga pertemuan terakhir melawan Villa.

Chelsea vs Norwich City

Ilustrasi pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris antara Chelsea melawan Norwich City yang berlangsung Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Pertandingan Chelsea vs Norwich di Stamford Bridge pada Sabtu besok tak ubahnya jadi pertemuan antara pemuncak klasemen dengan juru kunci.

Situasi itu jelas membuat Chelsea bisa dibilang berada di atas angin, terlebih mereka tak pernah kalah melawan Norwich dalam 12 pertemuan terakhir dan memenangi 10 di antaranya.

Tapi Norwich juga punya ambisi tersendiri, sebab mereka bisa mengulangi torehan nirbobol tiga laga beruntun seperti November 2012 yang mereka tutup dengan kemenangan 1-0 atas MU, yang kala itu berstatus pemuncak klasemen.

Crystal Palace vs Newcastle United

Angin perubahan tampaknya dibawa Newcastle saat melawat ke Selhurst Park untuk menghadapi Palace. Setelah resmi jadi klub terkaya Liga Inggris berkat kedatangan pemilik baru dari Arab Saudi, Newcastle memecat Steve Bruce yang musim ini gagal membukukan satu kemenangan pun bersama The Magpies.

Graeme Jones bakal melakoni peran manajer interim yang mendampingi Newcastle besok, tetapi tugasnya tidak mudah mengingat Newcastle sejauh ini jadi tim paling rapuh pertahanannya dengan kebobolan 19 gol.

Sementara Palace memiliki misi tersendiri yakni untuk pertama kalinya menorehkan catatan nirkalah dalam lima laga kandang awal musim di Liga Premier, setelah pernah melakukannya pada 1990/91 saat kompetisi masih bernama Divisi Satu.

Everton vs Watford

Everton punya bekal gemilang yakni tak pernah kalah saat menjamu Watford dalam 15 pertemuan di kompetisi apapun, yang merupakan catatan terbaik di Goodison Park.

Tapi, musim lalu Everton punya catatan jelek yakni kalah lima kali dalam delapan pertandingan terakhir menjamu tim-tim promosi.

Kehadiran Rafa Benitez tentu diharapkan mengubah hal tersebut dan kuncinya adalah mematikan pergerakan penyerang sayap Ismaila Sarr yang terbukti jadi pemain paling berbahaya di Watford.

Leeds United vs Wolverhampton

Ilustrasi pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris antara Leeds United melawan Wolverhampton yang berlangsung Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Leeds bakal menjamu Wolverhampton dibebani catatan awal musim terburuk mereka sejak 1988/89, setelah hanya mengumpulkan enam poin dari delapan pertandingan pertama musim ini.

Hal itu ditambah rekor hitam lain kekalahan beruntun dalam tiga pertandingan terakhir menjamu Wolverhampton.

Marcelo Bielsa jelas punya tugas besar untuk membatasi pergerakan Wolverhampton, mengingat Leeds juga jadi tim yang paling sering mendapat ancaman tembakan tepat sasaran dari lawannya musim ini dengan angka 48 kali.

Southampton vs Burnley

Pekan lalu, Southampton akhirnya memetik kemenangan perdana musim ini dan Ralph Hasenhuettl tentu ingin melanjutkan momentum positif mereka saat menjamu Burnley di St. Mary’s.

Sebaliknya, Burnley masih memburu tiga poin pertama mereka musim ini bila ingin segera keluar dari zona degradasi.

Southampton punya sedikit bekal positif berupa sapu bersih kemenangan dalam dua pertemuan kontra Burnley musim lalu.

Brighton & Hove Albion vs Manchester City

Tak ada satu pun pandit di dunia yang bisa menyangka ketika Brighton menjamu City di Stadion Amex pada Sabtu besok, kedua tim hanya dipisahkan dua poin dan sama-sama berada di empat besar klasemen.

Selain momentum awal musim yang positif, Brighton juga punya bekal lain berupa kemenangan 3-2 atas City dalam pertemuan terakhir kendati sempat tertinggal dua gol lebih dulu.

Tentu saja, Pep Guardiola tak mau ia jadi manajer City pertama yang merasakan dua kekalahan beruntun kontra Brighton, terlebih sebelum kekalahan 2-3 tersebut The Citizens menang tujuh pertandingan berturut-turut dengan skor agregat 21-2.

Brentford vs Leicester City

Brentford terakhir kali menang melawan Leicester pada Maret 1953, sebuah rekor yang terlalu panjang dan tentu ingin segera dipatahkan oleh Thomas Frank di Stadion Brentford Community pada Minggu (24/10) besok.

Tapi markas Brentford tak begitu angker, sebab dua kekalahan yang mereka alami sejauh ini di musim debut Liga Premier terjadi di sana.

Di kubu Leicester, Jamie Vardy berpeluang menorehkan rekor individual yakni jadi pemain kedelapan yang bisa mencatatkan gol lima laga beruntun untuk ketiga kalinya.

West Ham United vs Tottenham Hotspur

Ilustrasi pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris antara West Ham United melawan Tottenham Hotspur yang berlangsung Minggu (24/10/2021). (ANTARA/Gilang Galiartha)

West Ham bakal berusaha melanjutkan tren positif mereka saat menjamu Tottenham di Stadion Olimpiade London, Minggu (24/10) besok.

Selain catatan nirkalah musim lalu, West Ham punya senjata bernama Michail Antonio yang rapor tersuburnya adalah menghadapi Tottenham dengan catatan lima gol.

Sebaliknya, Tottenham dibebani catatan hitam berupa kekalahan beruntun melawan tim-tim sesama penghuni kota London dalam empat pertandingan terakhir.

Berikut jadwal pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (23/10) dini hari

02.00 Arsenal vs Aston Villa

Sabtu (23/10) malam

18.30 Chelsea vs Norwich City

21.00 Crystal Palace vs Newcastle United

21.00 Everton vs Watford

21.00 Southampton vs Burnley

21.00 Leeds United vs Wolverhampton

23.30 Brighton & Hove Albion vs Manchester City

Minggu (24/10) malam

20.00 Brentford vs Leicester City

20.00 West Ham United vs Tottenham Hotspur

22.30 Manchester United vs Liverpool

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)