Jakarta, Aktual.co —Jumlah pusat perbelanjaan atau dikenal dengan istilah mall yang mencapai 173 menjadikan Jakarta sebagai kota dengan jumlah mall terbanyak di Indonesia.
Dijelaskan pengamat perkotaan Yayat Supriatna, keberadaan mall di Jakarta saat ini tidak merata. Sebagian besar mall di Jakarta terpusat di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. 
Sedangkan untuk Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara menurutnya masih tidak begitu banyak.
Disampaikan Yayat, guna menekan pembangunan mall saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebenarnya telah menerapkan moratorium atau berupa penghentian sementara izin pembangunan mall di wilayah Jakarta Pusat, Selatan dan Barat. 
Tujuannya agar dapat mengurangi beban kemacetan Jakarta.
Namun nahasnya, dengan begitu para pengusaha justru melirik wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara yang masih diperbolehkan untuk dibangun mall, karena wilayahnya dianggap masih memungkinkan. 
“Ada kecenderungan sekarang ini bisa dikatakan pengusaha mulai melebarkan pengembangan mall ke kota sekitar akibat ada moratorium sebagai upaya mengurangi beban Jakarta,” ujar Yayat saat dihubungi di Jakarta, Rabu (22/10).
Salah satunya, Tamini Square yang didirikan di simpangan Jalan Taman Mini dan Jalan Pondok Gede. 
Dari pantauan Aktual.co, sejak didirikan tahun 2006, keberadaan Tamini Square telah menyumbang makin parahnya kemacetan di simpangan tersebut. Akibat keluar masuknya kendaraan, dan juga angkot yang menunggu pekerja dan pengunjung mall.

()