Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggencarkan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan warga dan untuk tahun ini telah mencakup sebanyak 5.416 hewan penular rabies (HPR).

“Total tervaksin rabies sampai hari ini sebanyak 5.416 ekor HPR atau 79,65 persen,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan saat dihubungi di Jakarta, Jumat (23/9).

Berdasarkan data dari Sudin KPKP Jakarta Selatan (Jaksel) sejak awal tahun hingga 22 September 2022, vaksinasi rabies telah mencakup sebanyak 492 anjing, 4.839 kucing, 47 kera dan 38 ekor musang.

Pada 2022 ini, pihaknya menargetkan 6.800 HPR perlu divaksin untuk menambah kekebalan hewan terhadap suatu penyakit.

“Kami terus melakukan kegiatan sejak 2004 ini sampai sekarang setiap tahunnya,” tuturnya.

Menurut Hasudungan, vaksinasi rabies ini harus terus diulang setiap setahun sekali lantaran diketahui tingkat kematian hampir 100 persen pada hewan.

Selain itu, kegiatan ini rutin dilakukan bertujuan untuk tercapainya Jakarta bebas rabies dengan sasaran hewan piaraan, seperti kucing dan anjing. “Karena kematian pada hewan bisa menular ke manusia,” katanya.

Melalui akun Instagram resmi, Sudin KPKP Jakarta Selatan memberikan jadwal kegiatan vaksinasi rabies dan pemeriksaan kesehatan hewan gratis dalam rangka memperingati Hari Rabies sedunia.

Persyaratannya, yakni hewan yang divaksinasi rabies khusus untuk anjing, kucing, kera dan musang berusia minimal empat bulan. Hewan juga harus dalam keadaan sehat, nafsu makan baik dan tidak dalam keadaan bunting serta menyusui.

Para pemilik hewan bisa mendatangi Taman Tabebuya yang beralamat di Jalan Muhammad Kafi Nomor 1, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel).

(Warto'i)