Satu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) diperlihatkan kepada wartawan di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (15/8). Kereta bandara itu ditargetkan akan beroperasi pada September 2017. Jadwal itu mundur dari rencana semula jika kereta bandara ini akan beroperasi pada Agustus 2017. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – PT Kereta Api Indonesia dan PT Waskita Karya tengah melakukan pengujian dan evaluasi konstruksi Jalur Kereta Api Bandara di Jalan Perimeter Selatan yang terkena longsor sehingga mengakibatkan korban jiwa pada Senin (5/2) lalu.

“Masih diperiksa oleh tim kami di sana, nanti juga akan diinvestigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi yang akan ditindaklanjuti oleh seluruh pihak terkait, baik kami, Ditjen KA,” kata Direktur Keselamatan KAI Apriyono Wedi Chresnanto, Rabu (7/2).

Dia mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait kejadian tersebut, baik itu dengan PT Railink, Angkasa Pura II dan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Dihubungi terpisah Humas PT Railink Diah Suryandari menyatakan bahwa operasional KA Bandara saat ini masih dihentikan sementara menunggu hasil pengujian dan evaluasi konstruksi jalur lintas KA Bandara.

“KA Bandara akan beroperasi ketika jalur lintas KA Bandara dinyatakan aman oleh PT KAI dan PT Waskita Karya,” ucapnya.

(Andy AbdulHamid)