Cirebon, Aktual.com – Jalur kereta api di Daerah Operasi 3 Cirebon, Jawa Barat, tepatnya di jalur tengah antara Stasiun Ciledug-Ketanggungan mengarah ke Purwokerto dan Stasiun Tanjung-Losari arah Tegal lumpuh total akibat banjir.

“Semua jalur yang mengarah ke Cirebon, baik dari Purwokerto maupun Tegal tidak bisa dilalui kereta lagi atau lumpuh total,” kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro di Cirebon, Jumat (23/2).

Menurut dia, jalur utara antara Stasiun Tanjung-Losari ketinggian air mencapai 13 centimeter, baik hulu maupun hilir dan pada jam 11:30 WIB dinyatakan semboyan 3 atau tidak bisa dilewati.

Kris mengatakan banjir yang terjadi saat ini mengakibatkan semua perjalanan kereta api Cirebon-Tegal maupun Cirebon-Purwokerto tidak dilakukan.

“Ini disebabkan meluapnya Sungai Cisanggarung yang semula hanya di jalur Cirebon-Purwokerto sekarang terjadi juga di jalur Cirebon-Tegal,” tuturnya.

Kris menambahkan pihak KAI meminta maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta karena kereta tidak bisa beroperasi terutama yang melewati dua jalur itu.

Sementara itu, salah seorang penumpang KA Argo Bromo Anggrek Muhammad Danial Nafis, mengaku kereta yang ditumpanginya tidak bisa melanjutkan perjalanan, sehingga seluruh penumpang KA tersebut diturunkan di Satsiun Cirebon.

“Kereta tidak bisa dilalui, karena ada banjir besar, semua penumpang dipindah ke bus menuju Stasiun Tegal,” ujarnya kepada aktual.com.

 

Ant.

()