Mekkah, Aktual.comSeorang calon haji Kloter 05 embarkasi Batam, Nursiah Darwis Cimpin (60) asal Kabupaten Kampar meninggal di Rumah sakit King Faishal Syisyah Arab Saudi pukul 09.45 WAS.

“Innalillahi wa innailaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah salah seorang jamaah Kloter 05 BTH asal Kabupaten Kampar di Rumah sakit King Faishal Syisyah Arab Saudi pukul”, kata Ketua Kloter 5 BTH Syamsuatir melaporkan kepada PPIH Embarkasi Haji Riau dan diteruskan Humas Kemenag Riau, Ana di Pekanbaru, Selasa (5/7).

Jamaah atas nama Nursiah Darwis Cimpin (60) yang memegang nomor porsi 0400080120 meninggal pada pukul 09.45 WAS tersebut berangkat dari Embarkasi Haji Batam pada tanggal 19 Juni 2022. Jamaah tersebut beralamat di Dusun Pulau Sarak-Rumbio Kampar.

“Alhamdulillah, beliau sebelumnya dapat melaksanakan aktifitas ibadah, beliau memiliki riwayat penyakit bawaan yakni diabetes miletus dan jantung. Tadi pagi kondisinya drop dan dirujuk ke RS King Faishal Syisyah,” tutur Syamsuatir.

Terkait berita tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin juga menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya salah seorang jamaah pada Kloter 5 BTH tersebut.

Sebelumnya Ketua Kloter 7 BTH Yusran Harianto mengatakan seorang jamaah yang tergabung dalam Kloter 7 BTH yakni Norlius Ilyas Bin Intan Kayo berasal dari Kabupaten Pelalawan meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi, Rabu (29/6).

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Riau tercatat sebanyak 2.312 calon asal Provinsi Riau sudah yang diberangkatkan ke Arab Saudi dari kuota yang dimiliki 2.320 JH.

Tercatat 8 calon haji openseat, dan 1 kuota tidak terisi disebabkan jamaah cadangan yang berhak diberangkatkan berjumlah 6 orang atau 3 pasang. Jadi tidak mungkin diberangkatkan satu orang secara terpisah.

Pemberangkatan terakhir –hingga melengkapi 2.312 JH yang diberangkatkan– yakni 13 jamaah haji Provinsi Riau yang tergabung dalam kloter 12 embarkasi Batam, Senin (27/6).

(Wisnu)