Mekkah, aktual.com – Panitia Penyelanggara Haji mengimbau jamaah untuk berhati-hati saat menyeberang jalan, saat berjalan kaki menembus terowongan, dan mendahulukan kaki kanan ketika turun dari bus atau kendaraan.

Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Asep Subhana di Kota Mekkah, Rabu (24/7), mengatakan jamaah harus berhati-hati saat menyeberang jalan ketika berada di Mekkah karena di tempat itu menggunakan sistem setir di sebelah kiri.

“Kami sampai membuat video tutorial seperti keselamatan penggunaan bus shalawat di Mekkah, di sini kan kalau menyeberang karena setir kiri, jadi menengoknya kebalikan dari budaya kita di Indonesia,” katanya.

Ia menekankan, di Mekkah arah kendaraan itu datang dari sebelah kanan sehingga pejalan kaki harus menengok ke sebelah kanan.

“Karena arah kendaraan dari kanan semua, ini kebalikan dari budaya di Indonesia, begitupun saat turun dari kendaraan biasanya kita di Indonesia kaki kiri dulu, kalau di sini kaki kanan turunnya. Jamaah belum terbiasa,” katanya.

Sedangkan jika melalui terowongan untuk menyeberang, jamaah diimbau untuk menyeberang melalui jembatan penyeberangan.

“Ada di beberapa titik, di Aziziah banyak, di Syisah jauh sekali. Kami imbau ikuti panduan petugas di hotel, seperti di Jamarat, arusnya kencang-kencang,” katanya.

Ia juga meminta petugas agar tidak membiarkan jamaah menyeberang sendiri melainkan memandunya.

“Jamaah harus dipandu oleh petugas. Kami sudah buat panduan berkendara,” katanya.

Ant.

(Zaenal Arifin)