Jasamarga, KM 57
Kandaraan di Tol Jakarta Cikampek mulai menumpuk saat libur Nataru/NET

Jakarta, Aktual.com – PT Jasamarga Transjawa Tol siap mengantisipasi kepadatan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode liburan Natal 2022.

Direktur Utama Jasamarga Transjawa Tol Rudi Kurniadi mengatakan, kalau terjadi kepadatan di rest area, tentunya Jasamarga akan mengatur secara kapasitas di rest area.

“Jadi memang di rest area ada jarak antara rest area satu dengan rest area lainnya sepanjang 50 km. Kalau terjadi kepadatan di rest area, kita mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat menggunakan rest area selanjutnya,” ujar Rudi Kurniadi, Sabtu (24/12).

Terkait buka tutup rest area, Rudi mengatakan bahwa pihaknya akan melihat dari sisi uraian lalu lintas dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Kalau buka tutup rest area tentu kita melihat dari sisi uraian lalu lintas yang ada. Jadi memang buka tutup rest area melihat kondisi kepadatan yang terjadi di rest area tersebut. Kalau sampai rest area itu meluber atau melebihi kapasitas, maka kita akan mengatur sehingga tidak mengganggu trafik yang ada di jalan tol,” kata Rudi.

Sebelumnya, Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol. Aries Syahbudin mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan rest area atau area peristirahatan sementara di beberapa pintu keluar tol selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Aries Syahbudin mengungkapkan bahwa rest area menjadi salah satu sumber kemacetan utama di tol. Sebenarnya, menurut dia, sudah terdapat imbauan agar para pengguna rest area tidak menggunakan lebih dari jangka waktu selama 30 menit.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan rest area untuk menggunakannya dengan bijak. Hal ini dinilai penting untuk mencegah terjadinya kemacetan di tol pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

(Wisnu)