Uji Coba Rudal Korut

Jakarta,  Aktual.com РPemimpin Korea Utara Kim Jong Un umumkan tes tembak rudal balistik jarak menengahnya sukses. Korut mengklaim bahwa kini kekuatan militernya mampu mencapai target operasional daratan dan Pasifik Amerika Serikat.

Dilansir dari Reuters, pengumuman dari Pyongyang dipublikasikan melalui kantor berita Korut KCNA mengatakan, Kim Jong Un telah menyaksikan secara langsung uji coba rudal balistiknya yang diluncurkan pada Minggu lalu (21/5) waktu setempat.

Diketahui, rudal balistik tersebut terdeteksi mendarat di lepas Pantai Timur Jepang dan tidak menimbulkan kerusakan. Rudal dengan kemampuan nuklir tersebut diuji coba seminggu setelah Korut juga luncurkan rudal balistik jarak menengah.

AS dan Jepang membenarkan jika Korut yang telah meluncurkan rudal balistiknya jarak menengahnya, Hwasong-12.

“Teater operasional daratan dan Pasifik AS berada dalam jangkauan serangan DPRK dan DPRK memiliki segala cara yang ampuh untuk memusnahkan serangan balasan,” bunyi pengumuman pemerintah Korut di KCNA.

“Rudal balistik terbaru Pyongyang yang ditembakkan kemarin mencapai ketinggian sekitar 560km (348 mil). Rudal itu kemudian melesat sekitar 500km dan mendarat di luar zona ekonomi eksklusif Jepang,” ujar pejabat militer Korsel.

Pejabat miter Korsel menambahkan, rudal terbaru Korut berbahan bakar padat, berbeda dengan rudal sebelumnya yang berbahan bakar cair. Rudal dengan bahan bakar padat dinilai memiliki kemampuan jangka panjang yang lebih besar dan stabil.

Pewarta : Agustina Permatasari

(Bawaan Situs)