Surabaya, Aktual.com – Kepolisian Daerah Jawa Timur mewaspadai lima daerah yang dinilai rawan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang digelar pada 27 Juni 2018.

“Di Jawa Timur memiliki lima wilayah kerawanan daerah yang harus diwaspadai dan 11 indikator kerawanan di daerah tersebut sudah memenuhi syarat semuanya yakni Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Bondowoso, dan Probolinggo,” kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Wakapolda Jatim) Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo saat melakukan pengecekan persiapan Pilkada Jawa Timur di Kabupaten Jember, Selasa (26/6).

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan penambahan personel untuk sejumlah daerah yang dinilai rawan tersebut atau masuk zona merah, agar seluruh tahapan pilkada serentak di wilayah setempat berjalan dengan tertib dan aman.

“Khusus untuk daerah rawan tersebut, Kapolda dan Pangdam turun langsung untuk memantau daerah rawan tersebut, bahkan Polda Jatim bersama polres setempat sudah melakukan penebalan pasukan, serta melakukan pengecekan secara langsung dengan turun ke lapangan,” tuturnya.

Menurutnya total personel yang disiagakan dalam pengamanan pilkada 18 kabupaten/kota di Jawa Timur dan Pilkada Jatim sebanyak 53 ribu personel gabungan dari Polri sebanyak 27 ribu lebih bersama Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan TNI.

(Andy Abdul Hamid)
1
2