Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Indan Gilang bersama pilot pesawat tempur F-16 Fighting Falcon di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (15/8). (Ist)

Jakarta, Aktual.com – TNI Angkatan Udara melakukan gladi bersih demo udara jelang peringatan HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Senin (15/8).

Dari pantauan Aktual.com, sebanyak 14 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon take off  sejak pukul 09.40 WIB, sebagai bagian dari gladi bersih sebelum acara puncak 17 Agustus 2022 di Istana Negara.

“Hari ini alhamdulillah telah dilaksanakan gladi bersih demo udara dalam rangka peringatan ke 77 Kemerdekaan Indonesia,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Indan Gilang B dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (15/8).

Rencananya Sebanyak 14 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara akan melakukan flypast dengan membentuk angka 77 saat upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di atas langit Istana Negara.

Gladi bersih terbang formasi ini bertujuan untuk meningkatkan presisi waktu dan formasi angka 77 yang akan melintas di depan Istana Negara pada saat detik-detik Kemerdekaan Negara RI.

Selain itu, akan ada demo udara 8 helikopter gabungan dari TNI AU, TNI AD, TNI AL dan Polri yang akan melaksanakan terbang formasi membawa bendera Merah Putih ukuran besar (Giant Flag) melintas tepat di atas Istana Negara.

(Dede Eka Nurdiansyah)