Ketua DPR RI Setya Novanto

Jakarta, Aktual.com – Ketua DPR RI Setya Novanto menegaskan bahwa dewan akan memfokuskan fungsi pengawasannya pada ketersediaan sembilan bahan pokok, transportasi, bahan bakar, minyak, gas, hingga pasokan listrik jelang ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah nanti.

“Pimpinan DPR meminta kepada Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terkait untuk memastikan hal tersebut, dengan melakukan kunjungan spesifik ke pasar tradisional serta mengecek kesiapan bandar udara, stasiun, terminal dan pelabuhan,” kata Novanto saat membacakan Pidato Pembukaan Masa Persidangan V, Tahun Sidang 2016-2017, di hadapan anggota dewan, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Kamis (18/5).

Selain itu, sambung Novanto, dalam menjalankan fungsi pengawasan lainnya pada masa sidang ini, DPR akan melakukan serangkaian proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap beberapa lembaga.

“Diantaranya Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2017-2022, Calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 2017-2022, dan Calon Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) 2017-2022,’ paparnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan fungsi anggaran, politisi dari fraksi partai Golkar itu mengatakan, pada masa sidang ini pimpinan meminta kepada Komisi dan Badan Anggaran (Banggar) untuk fokus pada Pembicaraan Pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2018 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2018.

(Andy AbdulHamid)