Presiden Joko Widodo melakukan penanaman benih jagung bersama sejumlah petani dari kelompok Tani Maju Makmur di Kelurahan Klamalu, Kecamatan Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Agus Suparto

Sorong, Aktual.com – Presiden Joko Widodo pada Senin memberikan bantuan alat pertanian kepada para petani di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Bantuan alat pertanian yang diberikan kepada petani di Kabupaten Sorong meliputi pompa air, alat perontok gabah, alat pengayakan sagu, alat tanam jagung tunggal, alat tanam jagung dorong, alat pengolahan tanah, traktor roda dua, dan traktor roda empat.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sorong, Presiden Jokowi juga menanam jagung bersama anggota kelompok petani di kebun.

Ia mengatakan bahwa Provinsi Papua Barat, terutama Kabupaten Sorong, punya potensi pertanian besar.

“Namun pemanfaatan lahan masih kurang, sehingga saya meminta kepada Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat untuk lebih mengikatkan lagi produktivitas pertanian,” kata Jokowi saat mengunjungi Sorong bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, ia mengatakan, sistem tanam perlu diubah dari satu kali setahun menjadi dua atau bahkan tiga kali tanam dalam setahun agar kebutuhan pangan masyarakat Papua Barat bisa dipenuhi dari produksi pertanian Papua Barat.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah pusat akan mendukung upaya peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Sorong.

“Tadi saya sudah lihat penggunaan teknologi pertanian oleh masyarakat. Kemudian akan diberikan akses modal usaha serta perbaikan irigasi sehingga akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Sorong,” katanya.

Selain itu, Jokowi berharap para petani muda yang telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian Pertanian bisa menjadi motor penggerak usaha pertanian di Kabupaten Sorong.

(Antara)

(A. Hilmi)