Solo, Aktual.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama warga mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangkaian acara Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama 2023 di lingkungan Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (22/1).

Setelah memberangkatkan peserta kegiatan jalan sehat, Presiden, Ibu Negara, dan cucu pertama mereka, Jan Ethes, ikut berjalan kaki mulai dari depan Pura Mangkunegaran, kemudian melalui Jalan Slamet Riyadi, dan kembali lagi di Pura Mangkunegaran.

Sejumlah pejabat pemerintah dan tokoh publik juga mengikuti kegiatan jalan sehat bersama dengan puluhan ribu peserta dari berbagai daerah dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang digelar untuk memperingati satu abad usia NU.

Pejabat pemerintah yang ikut jalan sehat antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, anggota DPR Aria Bima, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Mangkunagoro X.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Yahya Cholil Staquf mengatakan bahwa kegiatan jalan sehat merupakan bagian dari Porseni dalam rangka memperingati hari lahir Nahdlatul Ulama (NU), yang 16 hari lagi akan genap usia satu abad.

Dalam kegiatan itu, dia mengajak seluruh warga NU mendukung upaya-upaya untuk menjaga Indonesia.

“Warga NU harus tetap membersamai pemimpin kita merawat dan menjaga Indonesia, serta menjaga keselamatan bangsa dan negara,” katanya.

Kegiatan jalan sehat pada puncak pelaksanaan Porseni NU yang berlangsung dari 15 sampai 21 Januari 2023 di Kota Solo menurut panitia penyelenggara diikuti sekitar 50.600 peserta dari berbagai daerah.

(Warto'i)