Jakarta, Aktual.co — Dilantiknya Joko Widodo, sebagai presiden menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono, mendapatkan harapan dari berbagai kalangan di Indonesia. Salah satunya datang dari mantan atlet tinju nasional, Chris John.

Chris John berharap Presiden Jokowi, membuat suatu terobosan untuk mengangkat kembali prestasi olahraga Indonesia.

“Dalam satu dekade terakhir bisa dikatakan tidak ada suatu geliat yang berarti dalam olahraga Indonesia, bahkan bulu tangkis sebagai olahraga andalan malah semakin terpuruk,” kata Chris John di Jakarta, Senin (20/10).

Juara dunia kelas bulu ini menilai sistem yang diyakini “benar” selama ini, tidak berjalan dengan baik, sehingga prestasi olahraga Tanah Air semakin melorot.

Bukan hanya itu, Presiden Jokowi juga diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi para atlet maupun mantan atlet yang berprestasi.

“Bukan hanya masalah kesejahteraan atlet, tapi ada di sistemnya sendiri yang membuat olahraga kita tidak maju-maju,” ujar dia yang telah memutuskan pensiun sejak akhir tahun 2013 ini.

Tak berbeda jauh, Pelatih Nasional Anggar, Lucky Rhamdani mempertanyakan konsistensi dari pemerintah dalam menerapkan UU Sistem Keolahragaan Nasional.

“Peraturan sudah dibuat, tapi hanya berjalan satu hingga dua tahun saja. Setelahnya, atlet masih belum bisa menuntut menjadi Pegawai Negeri Sipil meski sudah memberikan emas SEA Games atau PON,” ujar dia.

()