Jakarta, Aktual.co —Anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya mengatakan perlu adanya kekhawatiran yang nantinya akan dilakukan Presiden Jokowi di sela-sela KTT APEC di Ibu Kota China, Beijing. APEC, dengan jejaring China Conection.
Terlebih, jika pertemuan yang berujung kerjasama dengan China International Fund (CIF) mengganggu kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara.
“Kekhawatiran itu perlu, apabila investasi atau sumbangan itu berimplikasi terhadap kedualatan, berimpilkasi terhadap keutuhan kita sebagai bangsa merdeka, artinya tidak ada dikte mendikte,” ucap Tantowi, di Jakarta, Sabtu(8/11).
Pun demikian, sambung dia, sebagai presiden sejumlah pertemuan yang melibatkan banyak negara, memang sudah menjadi agenda kepala negara.
“Jadi kehadiran pak Jokowi disana untuk menghadiri itu. Nah bahwa itu dilaksakan di Tiongkok maka dengan sendirinya beliau akan diagendakan dengan berbgai stacholder yang ada.
“Jadi kita jangan suudzon dulu, kita liat apakah benar presiden kita akan menerima audiensi dari  China International Fund (CIF),” tandas dia.

(Novrizal Sikumbang)

(Andy Abdul Hamid)