Jakarta, Aktual.co — Pengamat politik dari Lingkar Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby mengatakan, jika pemerintahan Presiden Jokowi-JK harus segera mengumumkan susunan kabinet dan para pembantu presiden. Pasalnya, sejak membacakan sumpah jabatannya dihadapan MPR RI, publik sudah menunggu realisasi sejumlah programnya pada Pilpres kemarin.
“Sebaiknya secepatnya pengumuman kabinet di sampaikan pak Jokowi, karena biar lebih cepat presiden merealisasikan janjinya. Karena ukuran publik 100 hari kerja, sehingga sebaiknya dalam 100 hari ini pak Jokowi dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya,” ucap Adjie ketika dihubungi Aktual.co, di Jakarta, Selasa (21/10).
Sementara itu, ketika ditanya soal pemberian tanda merah kepada calon menteri Jokowi-JK oleh KPK? Adjie menilai jika Presiden Jokowi bisa memilih calon alternatif lain yang tidak diberi tanda.
“Ada sejumlah nama yang diusulkan untuk pos menteri, jadi kalau kita lihat satu pos menteri tidak mungkin diisi oleh satu nama (kandidat), ada beberapa nama,” ucapnya.
“Jadi, nama-nama yang diduga punya potensi untuk kena kasus hukum sebaiknya pak Jokowi bisa menimbang calon lain di pos yang sama,” tandas dia.

(Novrizal Sikumbang)