Jakarta, Aktual.co — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, dalam pemerintahannya nanti akan mengembalikan kejayan Indonesia di laut.
Hal itu sesuai dengan semboyan “Jalesveva Jayamahe” atau “Di Lautan Kita Jaya” mengingat Indonesia sebagai negara maritim.
“Kita harus bekerja sekeras-kerasnya mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim. Samudra, laut, selat, dan teluk adalah masa depan kita,” kat Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraannya, dalam sidang rapat Paripurna, di Gedung MPR RI, Jakarta, Senin (20/10).
Indonesia, kata Presiden Jokowi, sebagai bangsa sudah telah terlalu lama melupakan itu, sehingga kini saatnya mengembalikan semuanya sesuai dengan semboyan “Jalesveva Jayamahe”.
Dia juga mengatakan, dalam membangun negeri ini tidak hanya bisa dilakukan oleh seorang presiden dan wakil presiden atapun jajaran kabinet yang dipimpinnya. Tetapi membutuhkan kekuatan bersama, kekuatan kolektif yang merupakan kesatuan seluruh bangsa.
“Oleh sebab itu, bekerja dan bekerja adalah yang utama, saya yakin dengan kerja keras dan gotong royong, kita akan melindungi seluruh rakyat dan tumpah darah Indonesia,” kata dia.

(Novrizal Sikumbang)

()