Jakarta, Aktual.co — Preisden Joko Widodo akan mengumumkan nama-nama calon menterinya  di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.
Namun Presiden yang baru dilantik kemarin itu tidak mengatakan secara pasti kapan akan mengumumkan nama para “pembantunya” itu.
“Secepatnya. (Diumumkan) di tempat khusus,” kata Jokowi di Istana Negara, Selasa (21/10).
Dia pun mengakui kalau sudah mengumpulkan jajaran menterinya yang dipilih pada Selasa dini hari tadi.
Seperti diketahui, Ketua Tim Transisi Jokowi-JK Rini Mariani Soemarno dan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK menyerahkan nama-nama calon menteri ke KPK untuk diteliti rekam jejaknya pada Jumat (17/10). KPK sudah menyerahkan hasil penelusuran rekam jejak nama-nama calon menteri itu kepada Presiden Jokowi pada Minggu (19/10).
KPK memberikan tanda merah dan kuning kepada nama-nama calon menteri yang telah diberikan oleh pihak Presiden Jowo Widodo.
“Kami tidak pakai istilah lolos atau tidak lolos, tapi memberikan masukan sesuai yang diminta, yang berisiko tinggi kami anggap merah, yang kami anggap kurang kami beri warna kuning,” kata Wakil Ketua KPK Zulkarnain, Senin (20/10).
Menurut Zulkarnain warna merah menandakan nama calon menteri tersebut dapat menjadi “potential suspect” (berpotensi untuk menjadi tersangka).

()