Jakarta, Aktual.com — Perjalanan panjang dan perjuangan keras yang ditempuh Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir akhirnya membuahkan hasil. Keduanya menjadi juara Olimpiade Rio de Jeneiro, Brasil setelah menakluhkan pasangan ganda campuran bulu tangkis Malaysia.

Perjuangan mereka akhirnya terbayar tuntas dengan keberhasilan mereka untuk mendapatkan medali emas bulu tangkis nomor ganda campuran di Rio de Janeiro.

Dan yang lebih membagakan adalah, pertandingan final yang mereka menangi bertepatan dengan HUT ke-71 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu 17 Agustus 2016.

“Keberhasilan ini sebagai kado HUT kemerdekaan Indonesia,” kata Tontowi Ahmad seusai bersama Liliyana Natsir mengalahkan pasangan Chan Peng Soon-Goh Liu Ying dari Malaysia 21-14-21-12 pada pertandingan final ganda campuran Olimpiade ke-31 tersebut.

Menurut pemain kelahiran Banyumas 18 Juli 1987 ini, Olimpiade 2016 memang sudah menjadi target mereka, oleh sebab itulah persiapan khusus sudah dilakukannya beberapa bulan sebelum berangkat ke Brasil.

(Wisnu)