Bambang S Brodjonegoro

Jakarta, Aktual.com – Saat ini Palangkaraya santer jadi salah satu pertimbangan pemerintah untuk dijadikan ibu kota baru Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebelumnya, bahkan salah satu kota di Kalimatan Timur sepat diwacanakan.  Di era pemerintahan Suharto, Jonggol yang masuk Kabupaten Bogor juga sempat diwacanakan jadi ibu kota baru NKRI.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menargetkan kajian pemindahan ibu kota dari Jakarta ke wilayah baru di luar Pulau Jawa akan selesai tahun ini. Ada beberapa kota kandidat yang berpotensi menjadi ibu kota baru. Salah satu kandidat ibu kota baru adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

“Pokoknya harus di luar Jawa (untuk kandidat lainnya). Sudah, nanti malah munculin spekulan lagi,” kata Bambang usai menghadiri Regional Workshop on Country Safeguard System bersama Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (10/4).

“Tahun ini jelas,” tambahnya, ketika disinggung target waktu penyelesaian kajian pemindahan Ibu Kota.

Bambang mengatakan tim Bappenas sedang menganalisis kriteria wilayah, kemudian kesiapan dan ketersediaan lahan, hingga sumber pendanaan untuk pembangunan ibu kota baru tersebut.

“Kita berikan ‘update’ (perkembangan) kepada Presiden Joko Widodo secara teratur,,” ujar dia.

(Eka)
1
2