Pontianak, aktual.com – Kampung Ramadhan Pontianak yang hadir sejak 3 sampai 16 April 2022 menjadi tempat andalan ngabuburit atau menunggu adzan Maghrib menjelang berbuka puasa karena selain menjual aneka kuliner juga beragam acara disajikan.

“Pengunjung bisa membeli aneka kuliner untuk berbuka atau membeli pernak pernik Ramadhan juga bisa menyaksikan acara yang dihadirkan di lokasi,” ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Disporapar Kota Pontianak Harry Ronaldi, di Pontianak, Rabu (6/4).

Ia menjelaskan dalam kegiatan perdana dari Pemkot Pontianak saat pandemi COVID-19 dan dilaksanakan selama 14 hari dimeriahkan dengan hiburan seperti penampilan musik, tari, angklung, dan lainnya. Selain itu, juga ada perlombaan di antaranya lomba menganyam ketupat, mewarnai, peragaan busana, dan lomba adzan.

“Menariknya kegiatan ini juga menyiapkan berbagai hadiah dengan hadiah utama berangkat umrah dan satu unit motor. Untuk mendapat kupon undian berangkat umrah, pengunjung harus membeli apapun minimal Rp50.000 dan untuk satu unit motor pengunjung hanya perlu memindai kode batang yang ada di stan Honda,” kata dia.

Kampung tersebut menjual aneka takjil untuk berbuka. Selain itu, di sana juga menjual pakaian, perlengkapan ibadah, lukisan, mebel, aksesoris serta stan lainnya seperti rumah zakat.

“Saya merasa senang berada di sini, bisa jadi tempat andalan saya dan teman-teman untuk ngabuburit,” kata pengunjung, Zilzia Rahmi.

Tempat ini juga cocok bagi keluarga yang datang membawa anak kecil karena di sini juga menjual mainan anak dan stan melukis gambar untuk bermain.

“Kita merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini karena bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berjualan, namun tak memiliki lahan serta dari kegiatan ini juga dapat memperkenalkan wilayah pusat kuliner yang sudah diresmikan namun belum banyak masyarakat yang tahu,” kata pedagang, Agustian.*

(Rey)

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)