Peternak mengambil telur di kandang ayam Kampung Buninegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (10/2). Produktivitas dari total 13 ribu ayam petelur di tempat itu kini menurun sekitar 20 persen dan hanya mampu menghasilkan telur 4,5 kuintal per harinya, dikarenakan cuaca tidak menentu sehingga ayam kerap mati. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc/17.

Bogor, Aktual.com – Sebanyak empat kandang berisi sekitar 40 ribu ekor ayam potong dan satu gudang berisi 21 ton pakan ternak milik PT Januputro di Desa Barengkok, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/5) pukul 05.30 WIB hangus terbakar.

“Kejadian terjadi pagi tadi, terlihat oleh karyawan dan langsung dibantu untuk dipadamkan dalam setengah jam sudah selesai,” kata Kapolsek Jasinga AKP Darsono saat dihubungi di Cibinong.

Lokasi kandang berada di dataran tinggi sehingga kepolisian, warga dan karyawan peternakan yang berjumlah 12 orang perlu bahu-membahu memadamkan api agar tidak menjalar ke pepohonan sekitar.

Polisi masih mengumpulkan keterangan dan akan memanggil pemilih peternakan untuk dimintai keterangan dalam kejadian ini. Darsono menerangkan pemilik pertenakan bernama Singgih Januratmoko dan sedang berada di Yogyakarta pada saat kejadian.

Akibat kejadian tersebut, kerugian diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar. “Kami masih menyelidiki kenapa bisa terjadi dan berkomunikasi dengan pemilik.”

(Wisnu)