Petugas kepolisian berjaga di depan Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (25/12/2016). Penjagaan dilakukan untuk menjaga kondusifitas agar acara Misa Natal bisa berjalan lancar. AKTUAL/MUNZIR

Surabaya, Aktual.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Airf Rahman, Sabtu (23/12) memantau pengamanan di sejumlah gereja di Surabaya menjelang Hari Raya Natal 2017.

Pemantauan itu dilakukan di Gereja Bethani Jalan Nginden Intan dan Gereja Santa Maria Perawan di Jalan Kepanjen, Surabaya. Irjen Pol Machfud Arifin di sela pemantauan keamanan di Gereja Bethani mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya dan komitmen dari Polri dan TNI untuk membuat nyaman dan aman masyarakat saat melaksanakan ibadah di Hari Raya Natal.

“Seluruh personel sudah ditugaskan. Sampai saat ini relatif aman-aman saja. Tinggal puncaknya nanti tanggal 25 akan lebih ditingkatkan lagi pengamanannya,” tutur Machfud.

Dia menjelaskan, setiap Polres jajarannya punya tempat pengamanan yang sudah dikerjakan dengan baik. Pengamanan itu dilakukan di titik-titik mobilisasi perkumpulan orang seperti di jalan, di terminal dan di stasiun. Total kekuatan yang dikerahkan untuk pengamanan Natal dan Tahun baru 2018 di Jatim dari Polri-TNI sebanyak 29 ribu personel.

“Pengamanan dilakukan terbuka dan tertutup. Di terminal kemarin sudah cipta kondisi. Banyak preman yang diamankan baik di Polrestabes, di Polda sendiri. Selain itu juga ada pemusnahan barang bukti minuman keras dan narkoba,” tuturnya.