Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Aktual.com – Kepala Kepolisian RI  Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi tujuh jabatan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) di lingkup Kepolisian Daerah Provinsi  Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana menyebut kebanyakan pejabat di jajaran Polda Sulsel hanya mengalami pergeseran untuk jabatan Kapolres.

“Mutasi sudah turun dari Mabes Polri. Dimana Polda Sulsel itu yang kena mutasi untuk Kombes ada dua orang. Kapolres ada tujuh orang,” Kata Komang, Selasa (27/12).

Perihal mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram rahasia yang ditanda tangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Wahyu Widada pada 23 Desember 2022.

Menurut Komang, mutasi merupakan hal biasa dalam rangka penyegaran di tubuh organisasi.

“Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi,” ujarnya.

Adapun rincian para pejabat yang dimutasi yakni pertama adalah jabatan Kabid Propam Polda Sulsel yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Agoeng Adi Koerniawan ia bakal digantikan oleh AKBP Zulham Effendy yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Jatim.

Lalu ada Kombes Pol Raspani yang menjabat Auditor Kepolisian Madya TK. III Itwasda Polda Sulsel diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirpolairud Polda Kalbar.

Selanjutnya yakni Wadirlantas Polda Sulsel yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Soliyah, ia diangkat dalam jabatan baru sebagai Auditor Kepolisian Madya TK. III Itwasda Polda Sulsel.

Penggantinya yakni AKBP Satya Widhy Widharyadi yang sebelumnya menjabat Kapolres Tanggamus Polda Lampung.

Adapun tujuh jabatan Kapolres yang masuk dalam mutasi kali ini, masing-masing yakni AKBP Dodik Susianto Danyontar TK I Mentarsis Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Barru Polda Sulsel.

Pejabat lama yakni AKBP Yudha Wirajati Kusuma diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagbinkar RO SDM Polda Jabar.

AKBP Moh Roni Mustofa Kapolres Pinrang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirlantas Polda Kaltim.

Dia bakal digantikan oleh AKBP Santiaji Kartasasmita yang sebelumnya menjabat Kapolres Soppeng.

Kapolres Soppeng bakal dijabat oleh AKBP Muh Yusuf yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Palopo.

Kapolres Palopo bakal dijabat oleh AKBP Safi’i Nafsikin yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit 4 Subdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Selanjutnya yakni AKBP Ardiansyah dari jabatan Kapolres Bone dimutasikan menjadi Kapolres Bulukumba.

Jabatan Kapolres Bone bakal diisi oleh AKBP Arief Doddy Suryawan yang sebelumnya menjabat Kapolres Enrekang.

Jabatan Kapolres Enrekang bakal diisi oleh AKBP Dedi Surya Dharma yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Sulsel.

Lanjut, Kapolres Gowa bakal dijabat oleh AKBP Reonald TS Simanjuntak yang dulunya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Makassar.

Pejabat lama Kapolres Gowa yakni AKBP Try Gofaruddin dimutasi sebagai Kabagbinkar RO SDM Polda Bali.

(Wisnu)