Banjarmasin, aktual.com – Karang Taruna Kalimantan Selatan bertekad untuk mendukung upaya pengembangan ekonomi produktif masyarakat melalui berbagai kegiatan berbasis potensi daerah di seluruh kabupaten dan kota di Kalsel.

Ketua Karang Taruna Kalsel Irwansyah usai mengikuti jalan sehat Karang Taruna dalam rangka HUT ke 59 Karang Taruna di Banjarmasin Sabtu (14/12) mengungkapkan, saat ini merupakan masa kebangkitan karang taruna di Kalimantan Selatan.

Peran karang taruna, tambah dia, menjadi salah satu ujung tombak pengembangan perekonimian daerah, dalam berbagai sektor.

“Dulu keberadaan karang taruna memang kembang kempis, tapi kini kembali bangkit dan berperan dalam berbagai sektor, terutama dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Salah satunya adalah berperan dalam pengembangan potensi daerah di masing-masing kabupaten dan kota di Kalsel.

Seperti di Kabupaten Banjar, karang taruna berperan dalam pengembangan sektor pariwisata baik di Kiram maupun di beberapa lokasi wisata lainnya.
Begitu juga dengan di Kabupaten Tapin berperan mendorong pengembangan Cabai Hiyung yang kini telah menjadi ikon pertanian di daerah tersebut.

“Sedangkan di Banjarmasin, kami banyak berperan dalam pengembangan sektor kuliner, begitu juga dengan di beberapa daerah lainnya,” katanya.

Selain itu, tambah dia, di sektor sosial, pihaknya juga membantu memberikan pembinaan kepada kaum lanjut usia (Lansia).

Dalam rangka menjaga eksistensi karang taruna, tambah dia, setiap tahun juga dilaksanakan Kemah Karya Bhakti Karang Taruna, sebagai upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan antaranggota.

Irwansyah mengungkapkan, mengantisipasi tentang pasang surutnya organisasi, pihaknya juga berupaya memanfaatkan perkembangan teknologi, media sosial dan laiinya, untuk melakukan komunikasi dan berbagi pengalaman dan semangat antaranggota di seluruh daerah.

Terkait pelaksanaan jalan sehat, tambah Irwansyah, juga dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang digelar di Kalsel pada 20 Desember 2019.

Jalan sehat yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut, disiapkan hadiah berupa sepeda motor, sepeda, TV, elektronik dan berbagai hadiah lainnya. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)