Medan, Aktual.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengumumkan hingga Sabtu (30/5) ini kembali terjadi peningkatan terhadap jumlah kasus pasien positif terpapar virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di wilayah tersebut di mana jumlahnya menembus lebih 400 orang, tepatnya 406 orang.

“Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Sumut masih terus mengalami tren peningkatan dari hari ke hari,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Mayor Kes dr Whiko Irwan.
Ia menjelaskan bahwa jumlah pasien positif COVID-19 dengan metode tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 406 orang. Angka ini meningkat dari hari sebelumnya yang berjumlah 400 orang.
“Data hari ini, pasien positif COVID-19 bertambah enam orang dari hari Jumat (29/5),” katanya.
Begitu juga dengan pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia bertambah empat orang menjadi 41 orang dari sebelumnya berjumlah 37 orang.
“Untuk pasien sembuh juga bertambah dari 118 orang menjadi 122 orang,” katanya.
Kenaikan juga terjadi terhadap jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumut. Meningkat dari dari hari sebelumnya yakni 137 orang menjadi 140 orang.
Untuk orang dalam pemantauan (ODP) pada hari ini juga mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yakni dari 311 orang dan saat ini ada sebanyak 420 orang, demikian dr Whiko Irwan.
Antara
(As'ad Syamsul Abidin)