Jakarta, Aktual.co — Politisi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun mengidentifikasi calon menteri bermadzab neoliberal dalam penyusunan kabinet pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla. 
Calon tersebut adalah Kuntoro Mangkusubroto, mantan Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Belakangan, santer dikabarkan Kuntoro bakal masuk menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 
“Kalau saya mau identifikasi nama-nama yang beredar, saya lihat yang masuk kategori neolib itu ada. Misalnya yang selalu bertahan adalah Kuntoro Mangkusubroto sebagai calon Menteri ESDM,” kata Misbakhun dalam diskusi ‘Menagih Janji dan Semangat Trisakti Dalam Kabinet Jokowi-JK’, di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/10).
Menurutnya, keberpihakan Kuntoro terhadap kepentingan asing sangat kentara selama menjabat sebagai Ketua UKP4. Karenanya ia mempertanyakan semangat kedaulatan dibidang energi pada diri Kuntoro sebagaimana agenda Trisakti pada pemerintahan Jokowi. 
Selain Kuntoro, Misbakhun juga menyebut mantan Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebagai agen neoliberal. Ini didasarkan atas kerja Bambang selama menjabat sebagai orang kedua di Kemenkeu dan tidak dapat memaksimalkan penerimaan pajak negara.
“Dia selalu memberikan pajak yang rendah kepada perusahan asing. Sebuah upaya untuk menguntungkan pihak asing dan hobinya selalu mengeluarkan surat utang,” demikian Misbakhun.

(Novrizal Sikumbang)

()