Pemilih memperlihatkan surat suara saat mengikuti simulasi dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (10/4). Simulasi tersebut digelar untuk meminimalisir dan kekurangan saat pencoblosan pemilu 17 April mendatang. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Kaum milenial menjadi segmen pemilih mayoritas di tempat pemungutan suara (TPS) 34 Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

“Ada sekitar 60 persen atau lebih, saya juga kurang tahu angka pastinya, mereka adalah dokter muda, sedang pendidikan,” kata Ketua KPPS 34 RSCM, Safarudin, di Jakarta, Rabu (17/4).

Jumlah pemilih yang terdaftar di TPS RSCM menurut dia sebanyak 298 orang, mayoritas mahasiswa yang sedang pendidikan spesialis.

Selanjutnya pegawai RSCM dan sejumlah pasien atau keluarga yang memiliki formulir pindah memilih atau formulir A5 dari KPU.

“Semua pemilih di sini adalah pemilih tambahan (DPTb), mereka dari luar Jabodetabek,” kata dia.

Maulana (29) merupakan salah satu pemilih milenial, yang memberikan hak suaranya di TPS 34 RSCM, ia memutuskan untuk memilih karena menganggap memberikan hak suara merupakan bentuk tanggungjawab masyarakat dalam menentukan masa depan Indonesia lima tahun ke depan.

“Saya berusaha meluangkan waktu, karena saya sedang pendidikan di RSCM, jadi saya urus formulir pindah memilih dari Sulawesi Tengah,” ujar Maulana.

(Abdul Hamid)