Pemain tim nasional U-20 Indonesia berlatih di Turki pada Minggu

Jakarta, Aktual.com – Tim nasional U-20 Indonesia berhasil mengejar ketinggalan untuk meremukkan Moldova dengan skor 3-1 pada laga uji coba di Turki, Selasa (1/11).

Diunggah di akun Twitter PSSI @PSSI, Selasa(1/11), Indonesia tertinggal satu gol terlebih dahulu dari lawan pada babak pertama sebelum menyamakan lalu memenangi pertandingan lewat gol-gol Rabbani Tasnim, Muhammad Ferrari dan Marselino Ferdinan pada paruh kedua.

Dalam laga itu, pelatih timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong menurunkan pemain-pemain andalannya seperti Hokky Caraka, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh dan Muhammad Ferrari sejak awal.

Namun, belum 10 menit laga berjalan, Moldova berhasil mencuri gol. Indonesia berkali-kali mencoba menyamakan kedudukan seperti melalui Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, tetapi skor 1-0 untuk keunggulan Moldova tak berubah sampai turun minum.

Usai jeda, Shin memasukkan beberapa pemain baru termasuk Rabbani Tasnim dan Zanadin Fariz.

Strategi itu berbuah gol pada menit ke-58. Rabbani sukses melesakkan bola gawang Moldova dengan memanfaatkan umpan terobosan Zanadin.

Pada menit ke-73, sang kapten sekaligus bek tengah Indonesia Muhammad Ferrari membuat Indonesia berbalik unggul berkat gol sundulannya dari jarak dekat.

Lima menit kemudian, pergerakan Marselino harus dihentikan bek lawan dengan pelanggaran di area terlarang. Wasit memberikan tendangan penalti dan Marselino mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai algojo.

Indonesia memimpin semakin jauh dengan skor 3-1. Setelah itu, tak ada gol lain yang hadir. Indonesia pun menundukkan Moldova 3-1.

Kemenangan itu menjadi yang kedua bagi Indonesia dari tiga laga uji coba di Turki. Sebelumnya, skuad berjuluk “Garuda Nusantara” menundukkan klub lokal Turki Cakallikli Spor dengan skor 2-1 pada Senin (24/10). Dua hari setelahnya, timnas U-20 Indonesia takluk 1-2 kepada tuan rumah Turki.

Timnas U-20 diagendakan menjalani empat laga uji coba selama pemusatan latihan di Turki yaitu menghadapi Cakallikli Spor, timnas U-20 Turki serta dua kali melawan timnas U-20 Moldova pada 1 dan 4 November 2022.

Timnas U-20 berlatih dan beruji coba di Turki serta Spanyol selama dua bulan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

TC di Turki akan digelar sampai 4 November 2022. Setelah itu, TC dilanjutkan di Spanyol hingga 4 Desember 2022.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Adapun Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia

(As'ad Syamsul Abidin)