Jakarta, Aktual.com — Perlu Anda ketahui, bahwa setiap manusia akan membutuhkan air dalam kehidupan kesehariannya.

Seperti, untuk membersikan badan, mencuci alat rumah tangga, mencuci pakaian, dan yang utama yakni, untuk minum guna memenuhi cairan dalam tubuh agar tetap bugar dan fit.

Kekurangan air putih di dalam tubuh maka akan mengganggu keseimbangan cairan pada tubuh, maka orang yang kekurangan dalam minum air akan sangat mudah untuk terserang penyakit, minimal orang tersebut akan kekurangan gairah dan semangat.

Sehingga dengan begitu kekurangan minum air putih dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, disamping rentan untuk terserang penyakit

Berbagai dampak yang ditimbulkan akibat Dehidrasi. Misalnya:

1. Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, maka bisa menyebabkan asupan oksigen ke otak berkurang, sehingga kemampuan otak menjadi menurun.

2. Kemampuan otak yang menurun seperti sulit untuk berkonsentrasi dan berfikir, mudah lupa, sulit untuk mengontrol emosi dan banyak akibat lainnya.

3. Bahaya lainnya dari kurangnya asupan oksigen ke otak, maka bisa mengakibatkan sel-sel otak terhambat perkembangan, bahkan lebih parah dari itu.

4. Akibat lainnya yaitu mudah lelah, badan terasa lebih panas, sakit kepala, air kencing menjadi berwarna pekat (ini tidak baik, bagusnya berwarna putih), dan tentunya tenggorokan akan merasa kering.

5. Tubuh akan menjadi rentan terkena infeksi kandung kemih, karena bakteri yang tidak bisa keluar karena kurang cairan tubuh. Adapun gejala dari infeksi pada kandung kemih seperti suhu badan yang agak meningkat.

6. Muncul rasa nyeri ketika buang air kecil.

7. Kekurangan cairan tubuh juga akan menyebabkan kulit jadi kusa

Kemudian, akibat sangat parah dan paling buruk yaitu menyebabkan kematian. Karena kebutuhan cairan tubuh tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan makanan. Bahkan, lebih penting kebutuhan akan cairan tubuh.

Lantas bagaimana dengan bulan Ramadan? Umat Islam dianjurkan untuk berpuasa. Yakni, menahan rasa haus dan juga lapar serta pengendalian diri selama kurang lebih 13-14 jam sehari. Apakah ia akan kehilangan konsentrasi akan hal tersebut?

Ketika berpuasa, tentunya kita akan kekurangan cairan, namun ketika berbuka puasa, janganlah mengonsumsi air secara berlebihan, karena akan berdampak buruk juga terhadap tubuh kita. Sebaiknya terapkan pola 242 ketika berpuasa. yaitu:

Pertama, 2 gelas air putih saat berbuka. 1 ketika berbuka dan 1 gelas lagi setelah menyantap Takjil.

Kedua, 4 gelas air putih saat malam, pembagiannya bisa dilakukan dengan minum 1 gelas air putih sebelum makan malam, 2 gelas setelah makan malam, dan 1 gelas menjelang tidur.

Ketiga, 2 gelas air putih ketika sahur. minum air putih 2 gelas ketika telah selesai menyantap hidangan sahur.

()