Bogor, Aktual.com – H+2 Lebaran, arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Bogor, Jawa Barat, padat merayap.

Antrian panjang mulai terjadi sejak pagi hingga sore. Memanjang menuju Bogor dengan ekor antrian mencapai delapan kilometer.

Jelang sore, antrian semakin memanjang hingga belasan kilometer hingga mendekati pusat kota Cianjur.

Ratusan petugas diturunkan di sejumlah titik penyebab kemacetan. Seperti pertigaan dan perempatan, area parkir rumah makan dan hotel, serta sejumlah pintu keluar tempat wisata.

Hingga sore, antrian kendaraan tidak bergerak sama sekali, alias macet total. Kendaraan hanya bergerak beberapa meter dan berhenti hingga belasan menit, Petugas pun memberlakukan tiga jalur menuju Bogor.

“Sejak pagi hingga sore ini kemacetan terjadi, kita akan memberlakukan sistim satu arah menuju Bogor karena laju kendaraan sudah mulai tersendat dan sejumlah upaya tidak bisa mengurai kemacetan. Ini untuk kedua kalinya dilakukan sistim tersebut,” kata Kapospam 2 Cimacan, Ipda Tedy, di Jalur Puncak, Minggu (19/7).

Sebelumnya Polres Bogor berkordinasi dengan Polres Cianjur, memberlakukan hal yang sama karena antrian kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, terus memanjang hingga ke dalam tol Ciawi.

Namun antrian kembali mengular hingga pintu Tol Sentul, meskipun selama satu jam jalur menuju Puncak dibuka satu arah.

“Kita akan terus berupaya memecah antrian kendaraan dengan berbagai cara termasuk mengaktifkan jalur alternativ, sebagai solusi lain. Kita perkirakan volume kendaraan akan terus meningkat hingga tengah malam,” katanya.

()

()