Jakarta, Aktual.Com-Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berharap kepada Partai Demokrat untuk bisa bekerja bersama Partai Republik di Kongres, sebagai upaya untuk menggantikan program kesehatan Affordable Care Act atau lebih dikenal dengan Obamacare.

Sudah beberapa kali, Trump menyebut jika Obamacare sebagai warisan “bencana” dari presiden sebelumnya, Barack Obama.

Dia pun meminta kepada para pejabat di Kongres mengadopsi lima poin utama untuk menggantikan Obamacare.

“Malam ini, saya juga meminta Kongres menggantikan Obamacare dengan reformasi yang akan memperluas pilihan, peningkatan akses, pengurangan biaya dan di waktu bersamaan, menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik,” ucap Trump dalam pidato kenegaraan di Kongres AS, Washington DC, Selasa 28 Februari 2017.

“Obamacare mulai runtuh dan kita harus bergerak cepat untuk melindungi semua warga Amerika. Aksi nyata bukan pilihan, itu adalah keharusan,” tambah seperti dilansir dari CNBC, Rabu 1 Maret 2017.

“Jadi saya meminta semua pejabat Demokrat dan Republik di Kongres untuk bekerja bersama kami untuk menyelamatkan Amerika dari bencana Obamacare,” kata Trump.

Ini adalah lima poin utama yang diucapkan Trump sebagai program pengganti Obamacare:

Pertama, memastikan orang dengan pre-exixting condition (sudah mengidap penyakit tertentu sebelum ikut asuransi) mendapatkan jaminan “akses” asuransi kesehatan, dan proses transisi stabil bagi orang-orang yang sudah memiliki jaminan kesehatan.

Kedua, memberikan kredit kepada orang yang telah membeli asuransi kesehatannya secara mandiri juga memperluas tabungan kesehatannya guna membantu membayar biaya perlindungannya, dan juga fleksibilitas mengenai rancangan rencana asuransi mereka.

Ketiga, memberikan negara “sumber daya dan fleksibilitas” dalam program Medicaid “untuk memastikan tidak ada orang yang terlewat.” Medicaid diprioritaskan untuk orang-orang tak mampu.

Empat, dilakukannya reformasi sistem hukum untuk melindungi dokter dan pasien “dari biaya-biaya tak perlu” yang menaikkan biaya asuransi, dan juga menurunkan harga obat-obatan mahal.

Kelimam menciptakan pasar asuransi nasional yang dapat membuat perusahaan asuransi menjual produk mereka ke seantero negara bagian.

Pewarta : Gespy kartikawati Amino

(Bawaan Situs)