Jakarta, Aktual.co — Federasi Sepakbola Nigeria (NFF), Kamis (16/10), memecat pelatih timnasnya, Stephen Keshi, meski timnya menang atas Sudan yang menjaga peluang mereka untuk mempertahankan gelar Afrika.

NFF mengatakan, setelah pertemuan darurat bahwa, mantan pelatih Shuaibu Amodu untuk sementara akan mengambil alih jabatan tersebut, sebelum seorang pelatih asing ditunjuk untuk mengisi posisi itu.

Tim Elang Super itu menduduki posisi juru kunci Grup A, pada kualifikasi untuk Piala Afrika tahun depan, setelah hanya meraih satu angka dari tiga pertandingan, namun kemenangan 3-1 atas Sudan di Abuja pada Rabu (15/10) mengangkat mereka ke peringkat ketiga.

Spekulasi mengenai masa depan Keshi (52) yang menolak untuk pergi sejak akhir putaran final Piala Dunia di Brazil pada Juli sudah merebak, di mana Nigeria hanya mencapai fase gugur pada kompetisi akbar empat tahunan itu.

Kontrak tiga tahun Keshi sudah habis setelah kembali dari Amerika Selatan, ketika ia kehilangan dukungan dari para pemainnya setelah terlibat perselisihan dengan sejumlah pemain seperti Emmanuel Emenike, Peter Odemwingie, dan Ikechukwu Uche.

Rekornya adalah lima kekalahan, lima kali imbang, dan hanya satu kemenangan dari 11 pertandingan terakhirnya, yang semakin menambah rasa tidak puas dan tuntutan-tuntutan agar dirinya berhenti.

Dalam pernyataannya, NFF berkata bahwa Keshi dan staf kepelatihannya telah membawa Nigeria menuju “peraihan-peraihan kesuksesan” pada tiga tahun terakhir, dan menyebut sang pelatih dan para asistennya sebagai “pahlawan-pahlawan nasional yang sebenarnya.”

“Bagaimanapun, demi kepentingan sepak bola Nigeria dan hasrat untuk memastikan lolos ke putaran final Piala Afrika 2015, komite (eksekutif) memutuskan untuk membebas tugaskan mereka sesegera mungkin,” kata NFF, dikutip AFP.

Persetujuan bulan diberikan bagi konsorsium para pelatih, yang dipimpin oleh Amodu, untuk memimpin Nigeria pada pertandingan-pertandingan kualifikasi tersisa melawan Kongo dan Afrika Selatan “setelah itu seorang pelatih asing akan ditunjuk.” Amodu kembali ditunjuk empat tahun setelah ia dipecat dan diberhentikan dari memimpin negaranya untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Ini akan menjadi masa kerja kelimanya dengan Elang-elang Super, setelah pertama kali melatih tim itu pada 1994.

Pria 56 tahun itu akan didampingi pelatih EL Kanemi Warriors Salisu Yusuf, yang bekerja di bawah Samson Siasia bersama “The Flying Eagles” dan Elang-elang Super, dan Gbenga Ogunbuts dari Sharks.

Tugas mendesak mereka adalah mengamankan kemenangan melawan Kongo di Pointe Noire, untuk menjaga peluang dapat lolos ke Piala Afrika di Maroko pada Januari.

Nigeria memiliki empat angka dari jumlah pertandingan yang sama, sedangkan Nigeria menduduki urutan kedua dengan koleksi tujuh angka. Pemuncak klasemen grup Afrika Selatan akan melawat ke Nigeria untuk pertandingan kualifikasi terakhir bulan depan.

Pemecatan Keshi terjadi meski presiden NFF Amaju Pinnick berkata pada pekan ini bahwa asosiasi sepak bola tidak akan terburu-buru mengambil keputusan mengenai masa depan Keshi.

“Kami menginginkan orang-orang kami bersabar dan tidak mendesak federasi, untuk mengambil keputusan yang terburu-buru yang pada akhirnya akan merugikan,” ucapnya pada Senin.

()

()