Jakarta, Aktual.com — Budidaya jamur telah berkembang di negara kita. telah banyak Restoran di Indonesia yang menggunakan jamur merang sebagai campuran masakan mereka.

Jamur merang memiliki nama ilmiah “Volvariella volvacea” yang banyak dikonsumsi di kawasan Asia Timur dan juga Tenggara. Jamur merang akan tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis dan juga subtropis. Itulah mengapa di Indonesia cocok untuk budi daya jamur tersebut.

Jamur merang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. 100 gram jamur merang, memiliki 0,59 persen karbohidrat, 5,94 persen protein, 0,17 persen lemak, 1,56 persen serat, 1,14 persen abu, 17mg fosfor, 1,9mg zat besi, 15mg vitamin B1,0,75mg Vitamin B2, 12,04mg Vitamin C dan beberapa mineral tambahan seperti asam folat kalium dan tembaga

Berikut beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dengan mengonsumsi jamur merang:

1. Mencegah penyakit jantung
penyakit jantung salah satunya diakibatkan karena tingginya kadar kolesterol di dalam darah. Dan, jamur merang memiliki peranan penting dalam melawan lemak jahat tersebut. Jamur merang memiliki kandungan mineral kalium yang berguna untuk menjaga fungsi pembuuh darah dalam tubuh. Oleh karena itu, jamur merang sangat baik utnuk menjaga kesehatan janutng anda

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Jamur merang memiliki kandungan beta glukan dan asam linleat terkonjugasi yang memiliki efek karsinogenik yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Mengatasi radikal bebas
Jamur merang memiliki kandungan selenium yang berfungsi hampir sama dengan flavonoid. yaitu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

4. Meningkatkan kepadatan tulang
Jamur merang memiliki kalsium yang sangat tinggi. ia mengandung vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

()