Jakarta, Aktual.com — Hidrasi bisa diartikan sebagai keseimbangan di dalam tubuh. dan merupakan syarat penting untuk menjamin fungsi metabolisme sel tubuh.

Manusia mengeluarkan cairan melalui pernafasan, keringat, urine, dan juga tinja. Saat melakukan kegiatan rutin seperti bekerja maupun berolahraga, tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan.

Belum lagi, bila Anda berada di luar ruangan atau pada kondisi cuaca yang panas. Kurangnya cairan di dalam tubuh akan berdampak pada kondisi yang dikenal dengan dehidrasi.

Bahaya dehidrasi bisa menimbulkan seperti, sulitnya berkonsentrasi, menyebabkan batu ginjal, juga menurunkan stamina akibat sakit kepala serta kejang dan juga pingsan.

Ketika berpuasa tentunya kita akan menhadapi fase-fase dehidrasi karena tidak mendapat asupan cairan yang cukup. sebaiknya persiapkan asupan gizi Anda ketika hendak berpuasa.

Ada pun tips yang dapat dilakukan untuk memciptakan hidrasi yang baik ketika berpuasa. Di antaranya:

Pertama, lindungi kepala dari sinar Matahari dengan topi atau payung ketika beraktivitas di luar. Kenakan pula busana berbahan ringan dan cerah untuk menghindari keringat berlebih dan ‘menahan’ sengatan Matahari.

Kedua, saat sahur dan di malam hari setelah berbuka, disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Hindari minuman yang mengandung kafein dan minuman manis terlalu banyak karena akan membuat cepat haus.

Ketiga, berbeda halnya dengan saat berbuka, mulailah dengan makanan atau minuman manis, hal ini bertujuan untuk menaikan kadar gula darah kembali. tetapi jangan berlebihan.

Keempat, konsumsilah makanan yang mengandung banyak cairan, seperti melon, semangka, mentimun, dan tomat. Konsumsi sayuran yang cukup dapat mencegah anda mengalami sembelit akibat susah buang air besar.

()

()