Jakarta, aktual.com – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan saat ini program Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang merupakan bagian dari koalisi pemerintahan fokus meningkatkan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Program dari KIB sekarang itu fokus untuk meningkatkan kinerja Pak Jokowi,” kata Viva di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Rabu (2/11).

Hal tersebut katanya saat ini dikedepankan terlebih dahulu oleh KIB, alih-alih mendeklarasikan calon presiden dan calon wakil presiden 2024 yang akan diusung.

Ia pun mengatakan sejauh ini partai politik dalam KIB masih terbuka terhadap sejumlah kemungkinan nama kandidat pasangan capres dan cawapres yang akan diusung.

“Misalkan, PPP ada yang dukung Mas Anies, ada yang dukung Mas Ganjar. Nah, di PAN itu Mas Anies, Mas Ganjar, Erick Thohir itu sebagai salah satu nama yang masuk dalam rekomendasi Rakernas (PAN),” ujarnya.

Untuk itu, ia menyebut penentuan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung pihaknya akan diputuskan terlebih dahulu dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) PAN.

Selanjutnya, kata Viva, nama tersebut akan digodok bersama dengan KIB yang terdiri atas PAN, PPP dan Partai Golkar.

“Nanti nama-nama itu oleh PAN akan dibawa ke Rapimnas, kemudian diputuskan, setelah itu diusulkan ke KIB bersama Golkar, PPP, didiskusikan secara musyawarah mufakat, tidak voting, nanti akan diputuskan pasangan calon siapa,” tuturnya.

Viva juga membeberkan rencana pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam waktu dekat. “Nanti dalam beberapa pekan akan diatur, nanti dikabarin,” ucapnya.

Terakhir, ia mengatakan pihaknya masih terbuka untuk bergabung nya partai politik lain dalam sekoci KIB. “Kemarin dilihat beberapa parpol Golkar, PPP, melakukan pendekatan, melakukan komunikasi dengan partai yang lain, secara resmi nanti kita tunggu,” kata Viva.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)