Jakarta, Aktual.com — Kiper Chelsea Thibaut Courtois percaya bahwa sang juara bertahan Liga Utama Inggris masih mampu menyelamatkan musim mereka dengan lolos ke Eropa dan mengangkat trofi.

Pemain internasional Belgia Courtois mengakui, bahwa prospek tim kini lebih cerah di bawah asuhan pelatih sementara Guus Hiddink, yang meraih kemenangan perdananya pada masa kerja keduanya sebagai pelatih Chelsea menyusul kemenangan 3-0 atas Crystal Palace pada Minggu (3/1) waktu setempat.

Chelsea tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan sejak pria asal Belanda itu mengambil alih tim menyusul pemecatan Jose Mourinho bulan lalu, namun ‘Si Biru’ yang menghuni peringkat ke-14 masih tertinggal sembilan angka dari West Ham di peringkat keenam, dan tertinggal 13 angka dari Tottenham Hotspur yang menduduki peringkat keempat.

Bagaimanapun, penampilan tim pada Minggu lalu, mengindikasikan bahwa Chelsea, yang akan menjamu Southorpe di putaran ketiga Piala FA akhir pekan ini, masih mampu bangkit untuk meraih zona Eropa dan Courtois menegaskan bahwa sama sekali tidak ada yang hilang.

“Tentu saja jika Anda memenangi Piala FA atau Liga Champions, mungkin ini akan tetap menjadi (musim) positif,” kata Courtois.

“Sukses merupakan kata besar jika Anda bermain dengan baik sampai sekarang, bukan hanya pada tiga atau empat pertandingan terakhir.”

“Namun tetap saja dengan Piala FA atau Liga Champions ini dapat menjadi musim yang positif jika kami mampu mengakhirinya dengan menduduki empat besar atau enam besar.”

“Kami harus bergerak selangkah demi selangkah. Beberapa tim berada cukup dekat. Jika kami mengalahkan West Brom dan Everton (di liga), kami mungkin dapat naik ke peringkat kedelapan atau kesembilan dalam beberapa pekan.”

“Semua dapat berubah dengan sangat cepat, kami hanya memerlukan hasil-hasil.”

Diego Costa dan Oscar keduanya mencetak gol di Selhurst Park pada akhir pekan, dan memperlihatkan tanda-tanda telah menemukan kembali permainan terbaik mereka setelah kesulitan menampilkannya di bawah asuhan Mourinho musim ini.

Dan Courtois mengatakan perubahan dalam pola pikir mungkin merupakan apa yang diperlukan sejumlah bintang Chelsea untuk membantu mereka memperbaiki peruntungan.

“Itu adalah sesuatu yang psikologis dan terkadang itu berubah dengan sedikit perubahan. Mungkin kami memerlukan sedikit perubahan untuk menaikkan level kami,” tuturnya.

“Di sepak bola, selalu seperti itu. Ketika hasil-hasilnya tidak bagus, hal pertama yang mereka lihat adalah pelatih. Namun saya pikir itu bukan hanya pelatih, para pemain juga harus bertanggung jawab.”

“Kamilah yang tidak bermain baik. Dengan pelatih baru, beberapa hal berubah. Mungkin pada beberapa pemain, terjadi perubahan mental.”

(Ant)

()