Servis Mesin Nelayan Kecil yang dilakukan oleh KKP
Servis Mesin Nelayan Kecil yang dilakukan oleh KKP

Jakarta, Aktual.com –  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) gencar melakukan servis gratis mesin kapal perikanan untuk nelayan kecil. Teranyar. servis gratis dilakukan di Kabupaten Jember dan Kota Sorong pekan ini.

Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Mochamad Idnillah dalam keteranganya, Jumat (14/10) mengatakan kegiatan itu dilakukan di sentra nelayan yang menjadi lokasi kampung nelayan maju (kalaju). Yaitu di Desa  Desa Sumberejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur dan Desa Klaligi, Kota Sorong, Papua Barat.

“Tidak hanya servis mesin, kita berikan sosialisasi dan edukasi cara pemeliharaan serta perawatannya agar mesin kapal perikanan tidak cepat rusak. Selain itu kita berikan suku cadang berupa oli dan busi gratis,” katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan kendala yang kerap dialami oleh nelayan sering abai tidak melakukan  perawatan mesin kapal secara berkala. Akibatnya, mesin kapal sering rusak dan tidak bekerja dengan optimal.

Menurutnya, dengan mesin yang bekerja optimal, salah satu manfaatnya berdampak pada penggunaan bahan bakar minyak yang lebih efektif dan efisien. Selain itu juga dapat mengurangi polusi emisi bahan bakar dan menjamin keselamatan pelayaran.

“Menurut tim yang turun di lapangan, para nelayan sangat antusias dan merasa sangat terbantu karena memperoleh wawasan bagaimana cara melakukan perawatan sekaligus menangani kerusakan mesin kapal,” imbuhnya.

Kegiatan yang melibatkan 50 nelayan di masing-masing lokasi itu juga melibatkan dinas perikanan setempat. Hingga Oktober, KKP telah melaksanakan pelayanan permesinan kapal perikanan di 18 Kabupaten/Kota yang merupakan lokasi Kalaju maupun sentra nelayan lain.

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian nelayan. Salah satunya dengan kegiatan yang menyentuh langsung para nelayan.

(Arie Saputra)