Surabaya, Aktual.com – Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya, mengaku siap membantu pemerintah provinsi/kota dan kepolisian, untuk menghadapi musim arus mudik lebaran 2015 di Jawa Timur.

Dikatakan Kepala Kodam V Brawijaya Letnan Kolonel Inf Washington Simanjuntak, bantuan yang akan diberikan oleh pihaknya, bukan hanya pelayanan kepada masyarakat yang melakukan mudik, tapi juga menyiapkan kendaraan pengangkut barang dan orang yang melakukan mudik.

‪Dengan begitu, Washington Simanjuntak mengaku, sudah memerintakan seluruh Kodim di wilayah Jatim untuk membantu kepolisian dan pemerintah dalam mengamankan  arus mudik.

“Jadi Kodim harus siap membantu ketika dimintai bantuan oleh pihak kepolisian atau pun pemerintah setempat,” terangnya usai melakukan buka bersama di Empire Hotel, Surabaya, Selasa malam (7/7).

Untuk sarana dan prasarana, lanjutnya, Kodam V Brawijaya juga menyiapkan kendaraan pengangkut seperti truk-truk TNI yang disiagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengangkut para pemudik yang mengalami kendala transportasi saat mudik.

Tidak hanya urusan mudik. Mendekati lebaran, kodam saat ini juga menyiapkan bantuan personel dan peralatan guna  membantu warga sekitar Gunung Raung, yang sejak beberapa hari lalu menunjukkan tanda-tanda meletus.

(Ahmad H. Budiawan)

()