Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari memberikan apresiasi terhadap kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Nusa Tenggara Barat dalam mengantisipasi inflasi menjelang hari raya Idul Fitri.

Antisipasi tersebut dilakukan dengan membentuk Satgas Inflasi yang lebih dahulu ketimbang pemerintah pusat sehingga NTB menjadi provinsi yang satu langkah lebih depan ketimbang pemerintah pusat dalam mengantisipasi inflasi.

“Ada sistematika yang disiapkan untuk mengendalikan inflasi. Bahkan di NTB sudah one step ahead. Ketika presiden sudah mengumumkan membentuk Satgas Inflasi, di sini sudah dibentuk sejak 3 bulan sebelumnya. Jadi inisiatif daerah mendahului inisiatif nasional. Ini perlu diapresiasi dan faktanya efektif,” ujar Eva Kusuma saat pertemuan Tim Kunspek Komisi XI ke NTB dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), BPS Provinsi NTB serta Bank Indonesia Perwakilan NTB, Jumat (9/6).

Inisiasi yang baik dari stakeholder di Pemprov NTB membuat indeks inflasi di provinsi ini selalu berada dibawah rata-rata inflasi nasional. Keberhasilan ini ditenggarai adanya pola komunikasi yang baik antara Bappeda, BI, TPID serta BPS.

“Karena ada ketersediaan serta kelancaran komunikasi sehingga inflasi di sini selalu di bawah rata-rata nasional. Dan ini tidak lepas dari komunikasi yang baik antara Bapeda, BI serta pelaku dalam hal ini distributor-distributor,” kata Eva.

()

(Arbie Marwan)
1
2