Beijing, Aktual.com – Komite Sentral ke-19 Partai Komunis China (CPC) mengesahkan tiga agenda Kongres Nasional ke-20 partai berkuasa di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Pengesahan ketiga agenda kongres tersebut diputuskan dalam sidang pleno Komite Sentral ke-19 CPC di Beijing yang berakhir pada Rabu (12/10) dan menghasilkan tujuh butir komunike.

Ketiga agenda Kongres Nasional ke-20 CPC tersebut adalah penyampaian laporan Komite Sentral ke-19 CPC, laporan kinerja Komisi Pusat Inspeksi Disiplin Partai atau CCDI yang berfungsi sebagai lembaga antirasuah, dan amandemen Konstitusi CPC.

Rapat pleno Komite Sentral juga memutuskan Kongres Nasional ke-20 CPC dibuka di Beijing pada 16 Oktober 2022.

Presiden China Xi Jinping selaku Sekretaris Jenderal CPC mendapat kepercayaan dari Biro Politik Komite Sentral CPC untuk membacakan laporan kinerja Komite Sentral ke-19 CPC dalam Kongres Nasional ke-20 CPC.

Anggota Komite Tetap Biro Politik CPC Wang Huning akan memberikan penjelasan tentang draf amandemen Konstitusi CPC.

Kongres Nasional CPC digelar setiap lima tahun sekali untuk mengamandemen konstitusi partai, memilih anggota Komite Sentral CPC, dan memilih anggota CCDI.

Sebanyak 2.296 orang telah ditetapkan sebagai anggota delegasi yang berhak menghadiri Kongres Nasional ke-20 CPC tersebut.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)