Bupati Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Kepala Diskominfo Multazam dalam sebuah acara di Command Center Diskominfo, Selasa (25/5/2021) lalu. Tempat itu kini dijadikan "Sampit Creative Hub" atau wadah kreativitas. ANTARA/Norjani

Sampit, aktual.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meresmikan wadah kreativitas, Sampit Creative Hub, sebagai bagian upaya menciptakan Smart City atau Kota Cerdas

“Command Center Diskominfo ini saya resmikan menjadi Sampit Creative Hub sebagai wadah kreativitas segenap lapisan di Kabupaten Kotawaringin Timur,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Kalimantan Tengah, Sabtu (16/10).

Sampit Creative Hub bertujuan memberi akses bagi masyarakat memanfaatkan fasilitas multimedia dan internet yang dimiliki pemerintah.

“Gerakan menuju Smart City yang dimulai dari penyediaan regulasi, infrastruktur, kesiapan sumber daya manusia, dan kemampuan anggaran, yanng diharapkan dapat menjadi budaya di Kabupaten Kotawaringin Timur dalam mewujudkan pelaksanaan good governance dalam ekosistem digital,” katanya.

Menurut Halikinnor, pemanfaatan digital memberi banyak kemudahan bagi pemerintah dalam pelayanan publik.

“Ini yang sedang kita kembangkan. Diskominfo akan dibuat semakin mudah diakses masyarakat, termasuk UMKM. Akses internet yang selama ini hanya digunakan saat kerja, sedangkan sisanya akan dimanfaatkan untuk masyarakat, termasuk di ruang publik,” kata Halikinnor.

Kepala Diskominfo Kotawaringin Timur Multazam mengatakan Sampit Creative Hub merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah menunjang regulasi akses layanan mudah, lebih murah, dan lebih cepat, kepada masyarakat.

Melalui program ini Diskominfo semakin membuka akses mereka kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas yang ada di kantor itu. Tentunya ini dengan tetap sesuai dengan pengawasan dan pengendalian.

 

“Kita ingin kantor tidak hanya untuk kegiatan pemerintah, tetapi juga bisa diakses masyarakat, salah satunya akses internet, melakukan diskusi-diskusi kreatif. Harapannya ekosistem kreatifnya muncul melalui tempat yang bisa mendorong orang untuk berubah cara berpikirnya,” kata Multazam.

Apa yang dilakukan Diskominfo diharapkan akan diikuti oleh organisasi perangkat daerah lainnya sehingga bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat di era kemajuan teknologi informasi saat ini.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)