Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengusulkan jurnalis perempuan pertama di Tanah Air Rohana Kudus dan juga pencipta lagu anak-anak Saridjah Niung atau Ibu Soed sebagai pahlawan nasional.

“Pada tahun ini, kami mengusulkan Rohana Kudus, jurnalis perempuan pertama di Tanah Air sebagai pahlawan nasional. Begitu juga dengan Ibu Soed, kami juga mengusulkan sebagai pahlawan nasional,” ujar Giwo, Kamis (24/5).

Pada tahun sebelumnya, pihaknya mengusulkan Laksamana Keumalahayati atau Laksamana Malahayati sebagai pahlawan nasional. Laksamana Malahayati yang merupakan laksamana perempuan pertama di dunia.

Laksamana Malahayati kemudian ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tahun lalu. Giwo menjelaskan Rohana Kudus pantas diusulkan sebagai pahlawan nasional karena perannnya yang sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan bangsa.

Rohana menerbitkan surat kabar perempuan yang diberi nama “Sunting Melayu” dengan pemimpin redaksi, redaktur dan penulisnya semuanya adalah perempuan.Rohana juga memperjuangkan kaum perempuan melalui pelatihan baca tulis, pendidikan agama hingga perdagangan.

(Andy Abdul Hamid)