Jakarta, Aktual.co —  Sampai saat ini Presiden Joko Widodo belum juga mengumumkan nama-nama calon pembantunya untuk pemerintahan kedepan, meski sebelumnya akan mengumumkan nama calon menteri di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dikabarkan juga oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, bahwa pihaknya tengah menunggu balasan surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah direvisi soal nama-nama calon menteri di kabinet Jokowi.

“Aku belum cek. Soalnya pimpinan sedang rapim dari tadi,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP ketika dimintai tanggapan soal nama-nama calon menteri yang kembali disodorkan oleh Jokowi, Jumat (24/10).

Dalam pernyataan resminya, Jusuf Kalla mengaku masih menunggu surat balasan dari KPK soal nama-nama yang telah diberi tanda merah, kuning dan merah jambu. Merah, kuning yang dimaksud JK merupakan tanda yang telah diberi KPK terhadap sejumlah nama calon menteri yang telah disodorkan Jokowi pertama kali.

Berdasarkan catatan KPK tersebut, Jokowi-JK telah menyusun ulang nama calon menteri tersebut, mereka kemudian telah mengirimkan kembali nama-nama ke KPK untuk ditelusuri rekam jejak mereka.

JK pun memastikan, jika nama-nama yang telah disodorkan kembali itu tak ada masalah, maka pekan depan akan langsung mengumumkan kabinet yang telah dipilih itu. Namun, JK tak menyebutkan kapan tepatnya akan diumumkan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak KPK belum juga membalas atau pun memberikan pernyataan resmi soal balasan surat yang ditunggu oleh Jokowi-JK terkait nama-nama menteri yang telah direvisi itu

(Wisnu)

(Nebby)