Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik. INSTAGRAM@KPU_RI

Jakarta, Aktual.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengumumkan rencana KPU untuk kembali mengundang seluruh tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden guna membahas format debat capres-cawapres.

“KPU sudah merencanakan bahwa KPU akan melakukan rapat koordinasi kembali dengan seluruh tim kampanye terlepas adanya pemberitaan yang begitu masif terkait dengan debat ini,” kata Idham Holik di Kantor KPU, Jakarta, Senin (4/12).

Idham menjelaskan bahwa KPU akan menjelaskan mekanisme pelaksanaan debat dalam rapat tersebut dan memberi kesempatan bagi tim kampanye untuk memberikan masukan dan tanggapan.

“Tetapi nanti keputusannya akan diambil oleh KPU secara mandiri. Jika keputusan sudah diambil maka hal tersebut langsung dikomunikasikan kepada publik,” katanya.

“Secara mandiri itu artinya KPU mengambil keputusan secara legal framework, kerangka hukum,” lanjutnya.

Idham menyatakan bahwa pertemuan tersebut akan digelar sesegera mungkin.

“Dalam waktu dekat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Idham menegaskan bahwa delapan hari tersisa menuju pelaksanaan debat pertama dianggap cukup oleh KPU untuk memutuskan mekanisme pelaksanaan debat.

Sebelumnya, KPU RI telah mengonfirmasi jadwal debat capres-cawapres selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. ‘

Debat pertama dan kedua dijadwalkan pada 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat akan diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024, sementara debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024.

Semua debat ini dilaksanakan di Jakarta sesuai dengan ketentuan UU Pemilu yang menyatakan bahwa masing-masing capres-cawapres tidak boleh diwakili orang lain dalam acara debat ini.

Apabila ada berhalangan hadir, harus disertai bukti keterangan yang disampaikan maksimal 3 hari sebelum debat dihelat.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Firgi Erliansyah
Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan