Manokwari, Aktual.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tiga daerah di Provinsi Papua Barat akan membuka kembali pendaftaran bakal calon yang akan bertarung pada Pilkada Serentak 2020.

Pelaksana Tugas Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Rustam Efendi di Manokwari, Senin(7/9), menjelaskan hal itu dilakukan karena hanya ada satu kandidat yang mendaftarkan diri ke KPU di tiga wilayah tersebut.

Ia mengutarakan, bahwa ada sembilan daerah di Papua Barat yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020, yakni Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Raja Ampat, Sorong Selayan, Fakfak dan Kaimana.

“Semua sudah selesai melaksanakan tahap pendaftaran dari tanggal 4 sampai 6 September. Dari laporan sementara yang kami terima ada tiga daerah yang pendaftarannya hanya satu kandidat atau satu pasangan bakal calon,” ucap Rustam.

Tiga Daerah itu yakni, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Raja Ampat. Tahap pendaftaran di tiga daerah ini akan dibuka kembali untuk memberikan peluang bagi bakal calon lain.

“Kalau dalam perpanjangan itu tetap tidak ada bakal calon lain yang mendaftar maka, satu bakal calon yang sudah mendaftar sebelumnya akan disahkan,” katanya seraya menyebutkan proses verifikasi faktual akan tetap dilakukan.

Sesuai data sementara yang diterima KPU provinsi, lanjut Efendi, di Manokwari ada dua pasangan bakal calon yang mendaftar, Manokwari Selatan satu pasangan, Pegunungan Arfak satu pasangan, Teluk Wondama empat pasangan, Fakfak dua pasangan, Kaimana dua pasangan, Sorong Selatan empat pasangan dan Raja Ampat satu pasangan.

“Sekali lagi ini baru data sementara, karena masih ada daerah yang belum menyampaikan laporan diantaranya Teluk Bintuni,” katanya.

Terkait pendaftaran tahap kedua, Rustam menjelaskan bahwa KPU setempat akan kembali menyampaikan pengumuman sebelum tahap pendaftaran dibuka kembali.

Ia menambahkan, daerah yang pendaftarnya lebih dari satu kandidat saat ini sudah mulai melaksanakan tes kesehatan bagi para kandidat. Di sisi lain KPU pun sedang melakukan verifikasi faktual terhadap seluruh dokumen persyaratan yang sudah mereka lakukan.

“Seperti Manokwari, tadi pagi dua pasangan bakal calon sudah menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut,” ujarnya lagi.(Antara)

(Warto'i)