Aktual.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia menelan kekalahan kala bertandang ke markas Uni Emirat Arab (UEA) dalam lanjutan matchday ketiga babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Kamis (10/10).
Pertandingan berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan UEA atas Indonesia. Ali Ahmed menjadi mimpi buruk bagi Indonesia lantaran mencetak hattrick di laga ini.
Tim garuda tampil menjanjikan di awal-awal babak pertama. Skuad asuhan Simon McMenemy itu menampilkan permainan menyerang yang membuat lini pertahanan UEA kesulitan. Seperti yang dilakukan oleh Irfan Bachdim pada 10 menit pertama. Sayangnya, bek UEA masih bisa menghentikan langkah Irfan.
UEA sendiri tentunya tak begitu saja membiarkan pemain Indonesia terus melancarkan serangan. Kubu tuan rumah juga tampil menekan.
Bahkan UEA hampir mencetak gol di menit ke-21 kala Jassim Yaqoob melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan pendek. Beruntung bagi Indonesia, bola masih melenceng tipis di sisi kanan gawang.
Pada menit ke-36 UEA mendapat peluang emas kala kiper Indonesia, Wawan Hendrawan melakukan blunder. Wawan keluar dari posnya untuk memotong bola, namun halauannya tidak sempurna dan si kulit bundar jatuh di kaki pemain UEA. Akan tetapi, bola sepakan Ali Ahmed masih melambung tipis di atas mistar gawang Indonesia.
UEA pada akkhirnya memecah kebuntuan di menit ke-40. Sepakan jarak jauh pemain UEA tak bisa ditangkap dengan sempurna oleh Wawan. Bola pun langsung disambar Khalil Ibrahim yang lolos dari perangkap off-side dan membutat UEA memimpin 1-0.
Di pengujung babak pertama, Indonesia kembali menampilkan permainan menekan. Aksi dari Irfan dan Andik Vermansyah membuat pertahanan UEA terancam. Akan tetapi, hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan tercipta.
Babak Kedua:
Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Akan tetapi, tekanan yang diberikan Tim Garuda belum membahayakan gawang UEA.
Justru sebaliknya, pada menit ke-49 UEA hampir mencetak gol keduanya lewat tendangan bebas Ali Saleh. Untungnya, bola masih bisa dihalau Hansamu Yama.
UEA baru bisa menggandakan keunggulannya dua menit berselang. Akibat Zulfiandi yang salah memberikan operan, pemain UEA pun langsung menembus kotak penalti Indonesia.
Ali Ahmed yang berdiri bebas pun mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan tarik dari Khalil.
Pada menit ke-63 UEA memperlebar keunggulannya menjadi 3-0.
Wasit memberikan hadiah penalti kepada UEA lantaran Hansamu melakukan handball saat memblok sepakan Ali Saleh. Ali Ahmed yang kemudian maju sebagai eksekutor dengan tenang memperdaya Wawan dan menyarangkan bola ke dalam gawang.
Tak berhenti sampai di situ, pada menit ke-72 UEA kembali menambah pundi-pundi golnya. Ali Ahmed berhasil mencetak hattrick. Kali ini ia berhasil meloloskan diri dari jebakan off-side dan menerima dengan sempurna umpan terobosan dari rekan setimnya.
Hanya satu lawan satu dengan Wawan, Ali berhasil mengecoh sang penjaga gawang sebelum menceploskan bola. Skor 4-0 untuk keunggulan UEA.
Di pengujung laga, tepatnya pada menit ke-90+2, UEA menambah satu gol lagi melalui Tariq Ahmed setelah memanfaatkan bola rebound hasil tepisan tidak sempurna dari Wawan.
Susunan Pemain:
UEA:17. Khalid Eisa Bilal; 2. Mohamed Saleh Almenhali, 12. Khalifa Mubarak Alhammadi, 13. Ahmed Barman Alhmoudi, 3. Walid Abbas Murad; 4. Mohamad Omar Alattas, 5. Ali Hassan Alblooshi, 14. Khalil Ibrahim Alhammadi, 19. Jassim Yaqoob Albalooshi, 20. Ali Saleh Amro; 7. Ali Ahmed Mabkhout
Indonesia:1. Wawan Hendrawan; 11. Gavin Kwan Adsit, 5. Yanto Basna, 23. Hansamu Yama, 15. Ricky Fajrin; 4. Zulfiandi, 16. Hanif Sjahbandi; 21. Andik Vermansah, 17. Irfan Bachdim, 8. Dendi Santoso; 9. Alberto Goncalves
()